SMP Negeri 2 Mandau

Kompleks Pendidikan Sebanga Kec. Mandau Kab. Bengkalis Duri-Riau 28784

Terbaik, Bersih, Sehat dan Cinta Lingkungan

14 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Fit dan Sehat Pada Saat Fullday School

Minggu, 10 September 2017 ~ Oleh ~ Dilihat 14331 Kali

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit sering dicari oleh orang yang memiliki kesibukan tinggi, orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas. Oleh sebab itu penting sekali bagi orang yang aktif untuk memperhatikan kesehatannya.

Orang yang memiliki kesibukan tinggi rentan untuk terkena penyakit sebab dia akan mudah sekali capek, saat tubuh capek sistem imun melemah, saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur. Tidak hanya itu saja orang dengan kesibukan tinggi sering terkena stres dimana stres itu adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap tetap fit dan tidak mudah sakit :

1. Menjaga Pola Makan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan menjaga pola makan, jangan pernah meninggalkan sarapan dan selalu atur jam makan anda. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maagGejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.

2. Mengkonsumsi Gizi Seimbang

Sudah tidak asing lagi tentang makanan dengan gizi seimbang, makanan dengan gizi seimbang adalah yang 4 sehat dan 5 sempurna. Semua gizi makanan ada di makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Memang karena faktor ekonomi banyak masyarakat yang ada di Indonesia tidak bisa melakukan pola makan seperti itu. Pola makan yang ada di Indonesia jika sudah ada sayur lauknya yang tidak ada, kalaupun keduanya ada banyak masyarakat yang tidak bisa meminum susu setiap harinya sehingga makanan 4 sehat 5 sempurna itu tidak bisa dilaksanakan.

3. Hindari Makan Berlebihan

Ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan dari memakan makanan yang berlebihan, salah satu bahayanya adalah bisa memicu obesitas. Obesitas sendiri merupakan sumber dari berbagai macam penyakit yang serius misalnya saja adalah serangan jantung  dan juga penyakit stroke.

4. Hindari Makanan Sampah

Makanan sampah disebut juga dengan junk food, junk food merupakan makanan sampah sebab di dalam makanan itu tidak ada nutrisinya samasekali. Justru makanan itu merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Junk food adalah makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan lemak jenuh merupakan sumber penyakit jantung koroner. Agar tubuh tidak mudah sakit tentunya anda harus menghindari makanan junk food tersebut.

5. Konsumsi Cukup Cairan

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit ada baiknya anda mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh anda. Ada banyak bahaya akibat kekurangan cairan otak dan untuk organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan di dalam tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan juga aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu akibatnya adalah darah menjadi kental. Organ yang ada di dalam tubuh manusia terdiri dari air atau cairan sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh manusia anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam per hari. Anda jangan mengkonsumsi cairan selain air putih sebab air putih mampu menghindarkan anda dari bahaya dehidrasi. Air putih juga mampu membuat tubuh anda menjadi bugar dikarenakan aliran darah dan juga aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Jika aliran darah dan oksigen tidak lancar orang tersebut akan mudah lelah, lesu, lunglai dan lain sebagainya.

6. Olahraga Secara Teratur

Bagi orang yang belum memiliki penyakit jantung anda bisa berolahraga berat selama 30 menit dalam sehari, olahraga itu bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia. Olahraga ini juga berguna untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh manusia. Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar secara sempurna sehingga lemak itu tetap akan menempel di pembuluh darah manusia dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah, menempel di jantung sehingga menyebabkan serangan jantung. Oleh sebab itu olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Bagi orang yang sudah mengalami masalah jantung, untuk cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit bisa melakukan olahraga ringan sesuai kemampuan. Durasinya tidak selama orang yang sehat dan tidak memiliki serangan jantung. Orang yang memiliki penyakit jantung bisa berolahraga selama 15 menit untuk menjaga tubuhnya agar tidak mudah sakit.

7. Cuci Tangan

Untuk tidak mudah sakit anda bisa cuci tangan sebelum makan. Sudah diketahui sebelumnya jika tangan yang terkena kuman akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh. Kuman itu nantinya akan menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Ada banyak bahaya tidak mencuci tangan sebelum makan salah satunya adalah akan menyebabkan sakit perut. Ada juga orang yang mudah sakit padahal dia sering cuci tangan sebelum makan, hal itu bisa dikarenakan orang tersebut belum tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar dan steril sehingga kuman tersebut masih menempel di tangan. Cuci tangan tidak asal cepat, namun anda juga harus tahu bagaimana cara yang benar dalam mencuci tangan. Mencuci tangan pun harus dengan sabun antiseptik, fungsi sabun itu sebagai pembunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan manusia. Saat ini anda bisa menjumpai sabun ini di supermarket atau di toko kesehatan.

8. Istirahat yang Cukup

Istirarahat yang cukup dan memiliki jam tidur yang teratur merupakan kunci sehat yang harus anda lakukan. Orang banyak yang terkena penyakit sebab jam tidur mereka serampangan. Mereka banyak yang tidur sudah larut malam kemudian bangun terlalu pagi. Alasan pekerjaan membuat mereka melakukan pola hidup yang tidak sehat. Setelah seharian bekerja tubuh perlu istirahat agar organ yang ada di dalam tubuh juga tidak bekerja terlalu keras. Ada banyak sekali penyakit akibat kurang tidur yang mengintai orang dengan jam tidur yang tidak cukup. Untuk selalu sehat anda harus tidur sebanyak 8 jam dalam per hari. Jangan kurang dan jangan berlebihan sebab kebanyakan tidur pun akan memicu timbulnya penyakit.

9. Mencukupi Kebutuhan Serat

Agar tubuh tetap sehat anda memerlukan makanan yang berserat untuk menjaga tubuh anda tetap sehat dan fit. Makanan yang berserat itu berfungsi untuk menghindarkan dari

sembelit dan juga menyehatkan organ pencernaan. Anda bisa memasukkan makanan yang mengandung serat tinggi di dalam daftar makanan anda. Makanan yang tinggi serat pun sebagai makanan yang bisa digunakan untuk mengeluarkan racun yang menempel di usus terutama usus besar. Jika usus besar memiliki banyak racun maka resiko untuk terkena kanker usus cenderung besar.

10. Kendalikan Stres

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat anda bisa mengendalikan stress yang anda miliki. Jangan pernah menganggap remeh penyakit stress ini. Stress yang tidak segera diatasi akan berubah menjaid depresi. Depresi merupakan tingkatan gangguan psikis yang lebih membahayakan dibandingkan dengan stress. Orang yang depresi bahkan bisa membahayakan keselamatan dirinya sendiri. Stres ini biasanya muncul di lingkungan kerja, lingkungan keluarga, lingkungan sosial atau bahka di lingkungan pergaulan. Agar tidak berubah menjadi depresi ada baiknya anda mengetahui bagaimana cara mengatasi stress yang efektif.

11. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin untuk cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan juga vitamin C. Akibat kekurangan vitamin D adalah akan membuat tubuh menjadi mudah terkena kuman dan virus. Vitami D pada dasarnya bisa digunakan sebagai penstimulus antibodi agar zat antibodi itu mampu menghasilkan sistem imun yang bisa digunakan untuk melawan kuman dan bakteri yang ada di dalam tubuh.

Tidak hanya vitamin D saja yang dibutuhkan oleh tubuh, namun vitamin C pun sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan banyak artis yang memiliki jam terbang tinggi melakukan suntik vitamin agar tubuhnya menjadi fit. Penyakit akibat kekurangan vitamin C  juga harus anda ketahui agar kesadaran anda dalam mengkonsumsi vitamin C ini semakin bertambah. Vitamin C bisa digunakan untuk menstabilkan sistem imun tubuh sehingga sistem imun yang stabil akan membuat daya tahan tubuh semakin bagus, sistem imun itu akan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

12. Mengkonsumsi Supplemen

Bagi anda yang memiliki mobilitas sangat tinggi dan memiliki kesibukan yang tinggi tidak ada salahnya anda mengkonsumsi suplemen penambah tenaga untuk menjaga energi yang ada di dalam tubuh anda. Suplemen ini berguna untuk menjaga tubuh anda dari kelelahan. Jika kelelahan sistem imun akan menurun dan ketika menurun masuklah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus di dalam tubuh anda. Tidak mengherankan orang yang jam kerjanya padat sering terkena flu, batuk dan juga sakit kepala. Hal itu dikarenakan dia kelelahan dan sistem imun sedang menurun.

13. Menjaga Hiegienitas Makanan

Pastikan makanan yang anda makan bersih dari kuman dan virus. Memang lebih aman jika anda memasak makanan anda sendiri di rumah dan tidak membiasakan diri jajan sembarangan.

14. Berpikiran Positif

Pikiran positif sangat penting bagi kehidupan anda dan kesehatan anda. Ketika anda suka berfikiran buruk, energi yang buruk pun akan menyelimuti tubuh anda. Begitupula sebaliknya. Pikiran yang buruk pun pemicu stress sehingga anda patut menghindarinya.

Itulah berbagai macam cara menjaga keehatan agar tidak mudah sakit. Kesehatan adalah kekayaan yang tidak ternilai harganya, oleh sebab itu jagalah kesehatan anda sebelum datang penyakit. Tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan.

Sumber : http://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-tubuh/cara-menjaga-kesehatan-tubuh-agar-tetap-fit

KOMENTAR

asuransi mobil garda oto - Sabtu, 31 Juli 2021

Terimakasih informasinya

KABAR HEBOH - Selasa, 17 September 2019

thanks info nya gan

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT